Memijat Bayi: Jadikan Rutinitas Anda!

Jadikan pijat bayi sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Pertimbangkan untuk memijat bayi Anda di waktu yang sama setiap hari agar ia bisa mengharapkan dan menikmatinya. Jam berapa yang terbaik? Tidak ada waktu “terbaik”, sungguh. Secara umum, Anda ingin memilih waktu ketika Anda tidak merasa terburu-buru (jadi jangan mencoba memencet saat makan malam atau saat mesin cuci dan pengering masih menyala) atau saat bayi Anda tidak lapar. (karena dia tidak akan menikmati gosokan perut jika perutnya kosong) atau terlalu kenyang (dia kemungkinan besar akan memuntahkan makan malamnya – Anda tidak akan membuat kesalahan itu dua kali!).

Jika Anda menggunakan minyak pijat, pilih minyak yang dapat dimakan, tanpa pewangi, dan minyak buah atau sayur yang diperas dingin. Tentu, Anda tidak membutuhkan minyak untuk menggosok si kecil dengan benar. Minyak kelapa adalah pilihan yang baik karena mudah diserap ke dalam kulit bayi – dan mudah dicerna saat si kecil mengisap tangan atau jarinya. Gunakan hanya sedikit dan hindari baby oil karena dapat menyumbat pori-pori.

Pilih area yang nyaman untuk Anda berdua. Idealnya, ruangan harus hangat – setidaknya 75 derajat F – sehingga bayi Anda yang hampir telanjang tidak kedinginan saat dia bersantai dari pijatan Anda. Anda dapat memijat si kecil di atas meja ganti, tempat tidur Anda (letakkan handuk di bawahnya untuk menghindari noda minyak pada selimut Anda) bahkan di atas permadani (gunakan handuk juga di sana). Tambahkan musik latar yang menenangkan atau cukup gunakan waktu untuk berbicara dan bernyanyi untuk bayi Anda.

Ikuti isyarat bayi Anda. Tidak ada yang suka dipijat saat mereka sedang tidak mood, dan itu juga berlaku untuk bayi Anda. Jika dia berbalik atau mengerutkan kening atau menangis saat Anda meletakkan tangan, simpan sesi itu untuk nanti. Dan ingat, Anda tidak harus memberikan pijatan seluruh tubuh setiap saat. Jika bayi Anda memutuskan bahwa dia merasa cukup setelah Anda mengusap kaki dan kakinya, tidak apa-apa juga.

Bersikaplah lembut – dan jangan terlalu banyak menekan atau itu akan membuat Anda kuat. Tip cerdas lainnya dari buku pedoman pijat bayi: Membelai menjauh dari jantung (dari bahu ke pergelangan tangan, misalnya) membuat rileks, dan karenanya lebih cocok untuk pijat sebelum tidur siang atau sebelum tidur. Membelai ke arah jantung (dari pergelangan tangan ke bahu) lebih menstimulasi dan lebih cocok untuk saat bayi Anda akan bangun dan aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *